::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Sunday, 25 Sep 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
16 September 2022

Pembekalan Wisudawan Memasuki Dunia Kerja

Friday, 16 September 2022 Kategori : Kegiatan Prodi Ilmu Pemerintahan

Yogyakarta– Prodi Ilmu Pemerintahan bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis STPMD “APMD” Yogyakarta memberikan pembekalan kepada 92 calon wisudawan tentang “Strategi mengikuti ujian masuk CPNS/BUMN, Kiat sukses melamar kerja dan Tes perangkat desa”, Senin-Selasa (12-13/09/2022).

Calon wisudawan terdiri dari Prodi Ilmu Pemerintahan, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Pembangunan Sosial dan Prodi Pembangunan Masyarakat Desa. Kegiatan  dibuka langsung oleh Ketua STPMD “APMD”, Dr. Sutoro Eko Yunanto. Adapun narasumber  dalam kegiatan tersebut yakni Tim Ahli STPMD “APMD” Dr. Irsasri dan Tim Ahli JEC, Farid Abdul Qohar, ST pengajar senior, Elya Marfu’atun, M.Psi pengampu tes kepribadian dan Cucu Sutrisna, S.Pd, M.Pd pengampu tes wawasan kebangsaan. Adapun tujuan kegiatan  mempersiapkan alumni STPMD “APMD”, agar  berhasil dalam mendapatkan  pekerjaan di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Hari pertama, materi  “Pengenalan Ujian CPNS, PPPK dan BUMN”, pada kesempatan tersebut para calon wisudawan langsung melaksanakan uji coba menjawab soal Tes CPNS difasilitasi oleh Tim Ahli JEC. Mayoritas calon wisudawan tidak berhasil menyelesaikan tes, karena keterbatasan waktu.  Oleh karena itu Tim Ahli JEC memberikan strategi menjawab soal tes CPNS,pertama,  mengerjakan soal yang di anggap mudah. Kedua, jika pekerjaan belum selesai sementara waktu yang ditentukan sudah habis, jawablah seluruh soal yang tersisa dengan asal-asalan. Elya Marfu’atun, M.Psi menyampaikan bahwa Tes Kepribadian setiap pertanyaan memiliki nilai, sehingga setiap peserta diupayakan  memilih jawaban yang paling tepat untuk mencapai nilai tinggi.

Selain itu, calon wisudawan praktik menulis Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae, yang dipandu oleh Dr. Irsasri. Pada kesempatan tersebut Dr. Irsasri menerangkan teknik penulisan lamaran kerja, sekaligus memperagakan bagaimana bersikap dan bertutur yang baik ketika melamar pekerjaan.

Hari kedua, dilaksanakan Tes Perangkat Desa yang di pandu oleh Drs. Suharyanto, MM dan Dr. Irsasri. Desa tentunya adalah topik familiar bagi calon wisudawan STPMD “APMD”, dimana calon alumni Perguruan Tinggi yang berfokus pada desa tentunya para calon wisudawan yang terdiri dari berbagai daerah di Indonesia dipersiapkan untuk dapat membangun Indonesia dari desa, sebagaimana komitmen STPMD “APMD”. Drs. Suharyanto,MM dan Dr. Irsasri merupakan salah satu tim penyeleksi perangkat desa, dalam kesempatan tersebut Drs. Suharyanto,MM menyampaikan perangkat desa harus memahami komputer minimal word, presentasi, memimpin rapat dan pidato. Memang setiap daerah memiliki aturan yang berbeda dalam tes perangkat, sehingga syarat khusus menjadi perangkat desa disesuaikan dengan aturan masing-masing daerah. Menurut Dr.Irsasri pelatihan bagi calon wisudawan untuk memasuki dunia kerja ini perlu terus menerus dilakukan, agar alumni STPMD “APMD” mampu bersaing dengan perguruan tinggi yang lain dan mampu mendapatkan kerja kurang dari 6 bulan (SN)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

24
Sep 2022
19
Sep 2022

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775