Info Prodi
Friday, 26 Apr 2024
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
13 July 2021

Bogem: Desa Dawet Bayat “yang Hilang”

Tuesday, 13 July 2021 Kategori : Kegiatan Prodi Ilmu Pemerintahan

Selasa, 8 Juni 2021 Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan, STPMD “APMD” Yogyakarta melakukan kunjungan ke desa. Berangkat pukul 09.15 WIB, rombongan berangkat menuju Desa Bogem kemudian ke Desa Tawangrejo. Desa Bogem dan Desa Tawangrejo terletak di wilayah Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Rombongan terdiri dari Dr. Guno Tri Tjahjoko, selaku Kaprodi S1 Ilmu Pemerintahan, Bersama empat dosen yaitu Imam Pamungkas Walton, Condrodewi Puspitosari, Mohammad Firdaus dan Minardi.

Rombongan pertama kali menuju Desa Bogem, disambut oleh Wahyudi, Kasi Kesra dan Pelayanan Umum berserta Para Kepala Dukuh dan Perangkat Desa lainnya. Dr. Guno Tri Tjahjoko kemudian memperkenalkan rombongan dan Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan. Setelah itu, perbincangan berlanjut dan mengalir dengan akrab. Membahas mengenai sejarah desa, potensi desa, kondisi penduduk dan data kampus-kampus yang pernah melakukan kerjasama. Sejauh ini, tidak banyak kampus yang melakukan kerjasama dengan Desa Bogem. Posisi lebih tepatnya bukan kerjasama tetapi menitipkan mahasiswa KKN ke Desa Bogem, yaitu dari STIKES Muhammadiyah Klaten. Tetapi hanya berupa KKN, bukan penguatan kapasitas Desa.

Luas wilayah Bogem 84,4850 hektar dengan jumlah penduduk 2064 jiwa. Berada di perbatasan dengan Gunungkidul, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Merupakan anjir (perbatasan keraton) antara Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Berada di kaki Pegunungan Seribu (Gunung Sewu).

“Di Bogem, di catatan kuno milik Leiden di Belanda pernah ditemukan patung dan relief” ungkap Wahyudi.

Patung dan relief tersebut diperkirakan bertahun 1282 Masehi, diperkirakan di era Singasari, karena Majapahit sendiri didirikan tahun 1293 Masehi. Belum ada kajian mendalam tentang keberadaan bekas-bekas patung dan relief di Bogem, yang kemungkinan terdapat bangunan candi atau peribadatan atau perabuan di Bogem. Karena kondisi Bogem yang berbukit kecil dan memiliki beberapa sumber air atau belik. Selain itu, setelah era Islam, di dekat Bogem juga terdapat makam-makam tua penyebar agama Islam, diantaranya Syekh Kewel yang merupakan sahabat Sunan Pandanaran ing Tembayat yang pernah merampok dan menjadi cikal bakal Kota Salatiga.

Masyarakat Bogem mayoritas berprofesi sebagai petani dan pedagang. Dagangan yang biasa dijual adalah Dawet Bayat dan Burjo (Bubur Kacang Ijo). Menariknya masyarakat Bogem tidak banyak mengetahui asal-usul Dawet Bayat. Sejauh yang diketahui bahwa dahulu ada tokoh masyarakat dari Timur (kemungkinan dari Jawa Timur), membawa dawet dan mengajari masyarakat. Tokoh tersebut tidak semata-mata mengajari membuat dawet tetapi menjadi guru ngaji dan sering menjadi rujukan masyarakat.

Wahyudi dan kawan-kawan pernah menelusuri asal-muasal dawet tersebut. Petunjuk awalnya bahwa dawet tersebut berbahan baku pati onggok, berwarna putih dan abu-abu. Di Jawa Timur, satu-satunya daerah yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan Dawet Bayat hanya di Jabung, Mlarak, Ponorogo. Demikian tidak mengherankan, karena hubungan antara Bayat dengan Ponorogo sangat erat, sejak Sunan Pandanaran.

Desa Bogem tidak latah mengambil desa wisata sebagai salah satu unit BUMDes nya. Mengapa demikian? Berdasarkan musyawarah desa, khususnya usulan pemuda desa, “jika mau menjual wisata desa, lalu yang mau membeli siapa, karena setiap desa telah banyak mengambil wisata desa”. Maka Bogem mengambil unit-unit seperti gedung pertemuan yang bisa dijadikan lapangan futsal, tleser perontok padi, tenda pesta, genset dan mobil transportasi. Walaupun sedikit pemasukannya, tetapi bisa bertahan saat pandemi covid-19 seperti ini(MIN)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775