Info Prodi
Friday, 19 Apr 2024
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
5 January 2023

Pelaksanaan Praktikum Mahasiswa Di Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul

Thursday, 5 January 2023 Kategori : Artikel / Artikel dan Berita / Berita / Kegiatan Prodi Ilmu Pemerintahan

            Praktikum merupakan salah satu mata kuliah pada Prodi Ilmu Pemerintahan SPTMD “APMD” Yogyakarta semester V yang memiliki tujuan untuk mengenalkan dan memberi pemahaman secara langsung serta konkrit bagi mahasiswa tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kalurahan. Tahun 2022, praktikum dilakukan di 5 Kalurahan di wilayah DIY, salah satunya di Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

            Kegiatan Praktikum diselenggarakan secara bertahap, dimana mahasiswa melakukan observasi selama 4 minggu di wilayah kalurahan yang dimulai minggu ke-2 Oktober dan kemudian dilakukan live in selama 3 hari. Selama observasi dan live in, mahasiswa belajar untuk secara langsung mengamati, memahami, dan merasakan setiap permasalahan yang terjadi di lapangan sesuai dengan ilmu dan teori yang telah dipelajari. Mahasiswa juga belajar untuk berinteraksi langsung baik dengan perangkat pemerintahan kalurahan, lembaga-lembaga masyarakat di kalurahan, maupun dengan masyarakat secara umum.

Mahasiswa pertama diserahkan ke Kalurahan Sumbermulyo untuk melaksanakan rangkaian kegiatan praktikum ini pada tanggal 10 Oktober 2022 yang diterima oleh Lurah Sumbermulyo Ibu Ani Widayani, Jagabaya/Kasi Pemerintahan Bapak Astriyono, dan Dukuh Jogodayoh Bapak Hadiyanto. Selama pelaksanaan observasi praktikum, mahasiswa dipinjami salah satu ruangan yang ada di kantor Kalurahan Sumbermulyo. Untuk Kalurahan Sumbermulyo jumlah mahasiswa yang melaksanakan praktikum di kalurahan ini sebanyak 22 mahasiswa.

Sementara penerjunan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan live in sebagai bagian kegiatan praktikum dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2022 dan ditarik kembali pada tanggal 28 November 2022. Selama live in seluruh mahasiswa menginap di rumah Bapak Hadiyanto selaku Dukuh Jogodayoh. Setelah pelaksanaan observasi dan live in, mahasiswa kemudian menyusun laporan pelaksanaan praktikum secara individu. (cdps)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775