::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Tuesday, 17 May 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
9 May 2022

Tiga Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Lulus Uji Kompetensi Pedagogis

Monday, 9 May 2022 Kategori : Artikel dan Berita / Berita

Berdasarkan pasal 45 Undang-Undang (UUNomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, mensyaratkan dosen wajib memiliki empat kompetensi ,yakni : (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Kepribadian, (3) Kompetensi Sosial, dan (4) Kompetensi Profesional. Oleh karena itu dosen wajib mengikuti sertifikasi Pekerti (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) yang merupakan uji kompetensi pedagogik (proses belajar mengajar). Sertififikasi Pekerti hanya diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang ditunjuk oleh Dikti. Salah satu sertifikasi  Pekerti telah dilaksanakan pada 18 – 25 April 2022 secara online/daring diselenggarakan oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. Adapun tiga dosen Ilmu Pemerintahan yang mengikuti sertifikasi Pekerti, yakni : (1) Dr. Guno Tri Tjahjoko, (2) Dr. Rijel Samaloisa dan (3) Minardi, S.IP., M.Sc. Dr. Guno Tri Tjahjoko mendapatkan Predikat Terbaik I dari  119 peserta , dimana peserta (dosen) berasal dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pekerti sendiri merupakan merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Pekerti melatih tenaga pengajar untuk mempersiapkan program pembelajaran, memiliki keterampilan mengajar dan melakukan evaluasi terhadap hasil belajar. Pada mulanya program ini diperuntukan bagi dosen  yang akan mengikuti sertifikasi dosen, namun dalam perkembangannya sertifikasi Perkerti ini wajib bagi semua dosen.

Materi Pekerti diantaranya: Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi; Pendidikan Sebagai Sistem; Teori Belajar dan Motivasi; Model-model Pembelajaran Inovatif; Pembelajaran Orang Dewasa; Taksonomi Tujuan Instruksional; Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar; Desain Instruksional; GBPP dan SAP; Hakikat Metode Instruksional; Metode Pemberian Tugas; Team Teaching; Praktikum; Media Sederhana; Penilaian Hasil Belajar; Praktik Mengajar.

Adapun narasumber/fasilitator dalam sertifikasi Pekerti meliputi pakar pendidikan yang berpangalaman, yakni: Prof. Dr. Yayat Ruhiat, M.Si.,Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman, ST.,MT,Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd,Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi,S.T,M.T, Dr. Yudi Juniardi, M.Pd,Dr. Agus Sjafari, M.Si,Dr. Aceng Hasani, M.Pd,Dr. Syihabudin, M.Si.,Dr. Ing Rangga Galura Gumelar,M.Si,Dr. Alimudin, ST. MT.,Dr. Enggar Utari, M.Si,Prof. Dr. Wahyu Susihono, ST,M.T,Prof. Dr. Ir, Kartina AM, MP,Dr. Ir. Wahyuni Martiningsih.,MT,

Fokus sertifikasi Pekerti ialah dosen mampu merencanakan,mengelola dan mengevaluasi proses belajar mengajar. Selain itu dosen dilatih membuat proposal Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, membuat kurikulum, Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran, Sub Capaian Pembelajaran, Silabus dan Rencana Acara Perkuliahan. Selaras dengan era informasi, dimana pembelajaran efektif dilakukan melalui  multi media, maka dosen diajarkan cara membuat video pembelajaran dan mengunggah ke Youtube. Selain itu dosen juga dituntut melakukan penelitian dan membuat jurnal dan bahan ajar yang menjadi parameter kinerjanya. Selama 8 hari (84 jam) peserta sangat aktif dalam setiap sesi. Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi,S.T,M.T selaku Katua LP3M dalam sambutan penutupan berharap agar semua peserta yang lulus sertfikasi Pekerti mampu menjadi dosen yang profesional yang memajukan perguruan tinggi (MIN/GTT)

 

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta

Agenda

31
May 2022
waktu : 00:00
17
May 2022
10
May 2022
waktu : 21:00

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775