Info Prodi
Friday, 19 Apr 2024
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
24 November 2022

Bupati Mageten Respon Positif Klas Rekognisi Pembelajaran Lampau

Thursday, 24 November 2022 Kategori : Artikel / Artikel dan Berita / Berita

Magetan – Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”, Prodi Ilmu Pemerintahan berkunjung ke Magetan. Kunjungan dilaksanakan hari Rabu, 23 November 2022  dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Guno Tri Tjahjoko, M.A. Selain Ketua Program Studi turut dalam kunjungan  Drs. Sumarjono, M.Si., Dra. Tri Daya Rini, M.Si. dan Dr. Adji Suradji Muhammad, S.Sos., M.Si.

Tim Prodi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” diterima langsung oleh Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Eko Muryanto dan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah. Pertemuan dilangsungkan di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha dengan suasana penuh keakraban.

 

Dalam sambutanya, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkominfo periode 2014-2016 mengucapkan terimakasih atas kedatangan Perguruan Tinggi khususnya Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”. STPMD “APMD” merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang mulai awal didirikannya fokus terhadap Desa, khususnya terkait dengan kemasyarakatan, kelembagaan dan pembangunan Desa. Oleh kerana itu, lanjut Dr.Suprawoto, Pemerintah Kabupaten Magetan berharap, agar pengalaman panjang selama 57 tahun STPMD “APMD” dibagikan ke desa-desa di Kabupaten Magetan. Sebagai informasi bahwa Kabupaten Magetan memiliki 207 Desa dan 28 Kelurahan, terang Bupati dalam sambutanya.

Dr. Guno Tri Tjahjoko selaku pimpinan rombongan menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kedatangan tim yang dipimpinnya adalah untuk melakukan penjajakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani oleh masing-masing pihak beberapa waktu yang lalu. Untuk itu Prodi Ilmu Pemerintahan menawarkan Program Kelas Perangkat Daerah/Desa yang dimungkinkan masuk melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dengan jalur RPL tersebut mahasiswa dimungkinkan dapat menyelesaikan studi lebih cepat (2,5 tahun), terang Dr Guno. Selain itu program pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas perangkat daerah maupun perangkat desa, Prodi Ilmu Pemerintahan juga menawarkan program Pelatihan Siklus Berdesa maupun program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dr. Suprawoto menyambut positif program Klas Rekognisi Pembelajaran Lampau yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan untuk meningkatkan kualitas para aparatur Daerah/Desa dalam melayani masyarakat.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut diakhiri dengan pemberikan sovenir Jurnal Governabilitas dan  buku terbitan APMD Press. Bupati Magetan sangat senang dengan pemberian cenderamata tersebut dan akan menjadikanya sebagai bahan bacaan dalam menulis karya-karya yang akan dipublikasikannya, baik melalui media cetak harian maupun buku-buku yang akan diterbitkannya. Bupati Magetan juga menginformasikan bahwa tidak lama lagi ia akan menerbitkan buku pengalaman hidupnya, khususnya yang terkait dengan proses pencalonan dirinya sebagai Bupati Magetan Periode 2018-2023 serta lika-liku dalam menjalankan tugas sebagai Bupati (AS)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775