::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Sunday, 25 Sep 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
22 August 2022

Pelatihan KKN Tematik dan Studi Independen

Makassar– Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja, tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan.Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18.

Oleh karena itu dalam rangka mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI) mengadakan Pelatihan Penyusunan Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Studi Independen 11-14 Agustus 2022 di Grand Imawan Hotel Makassar. Pelatihan ini diikuti oleh 22 dosen dan pejabat struktural UMSI,yakni : Rektor UMSI, Dekan/Wakil Dekan,Ketua Lembaga UMSI, Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan,Ketua dan Sekretaris Program Studi Administrasi Publik,Dosen tetap dan Tim Penyusun KKN Tematik.

Adapun narasumber dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”, yakni : Fatih Gama Abisono Nasution, S.IP, MA dan Dr.Guno Tri Tjahjoko,MA. Dalam paparannya Fatih Gama Abisono Nasution, S.IP,MA menekankan KKN Tematik pada tema spesifik yang relevan dengan kebutuhan desa atau masyarakat dampingan, kepentingan Perguruan Tinggi,  dan mewadahi minat keilmuan mahasiswa. KKN Tematik didisain dalam rangka menjawab kebutuhan desa dan masyarakat.

Sementara itu Dr.Guno Tri Tjahjoko,MA dalam paparannya menekankan bahwa tujuan program studi/proyek independen antara lain: (1) mewujudkan gagasan mahasiswa dalam mengembangkan produk inovatif yang menjadi gagasannya, (2) menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan pengembangan (R&D) dan (3) meningkatkan prestasi mahasiswa dalam kompetisi ajang nasional dan internasional. Pelatihan diikuti dengan antusias oleh peserta, disertai sharing pengalaman dan tanya jawab. Tindak lanjut dari pelatihan ini ialah diadakannya kegiatan Studi Independen Dosen dan Mahasiswa UMSI ke Prodi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” pada akhir tahun 2022 (GTT).

 

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

24
Sep 2022
19
Sep 2022

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775