::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Sunday, 14 Aug 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
21 June 2022

Dosen Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Terpilih Sebagai Timsel Bawaslu DIY

Tuesday, 21 June 2022 Kategori : Artikel dan Berita

Yogyakarta (21/06/2022) – Pemilihan umum tahun 2024 merupakan pemilu yang istimewa, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah Republik Indonesia pemilihan Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (November 2024) secara serentak. Persiapan penyelenggaraan pemilu tentu tidak semudah tahun-tahun sebelumnya. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai salah satu lembaga penting dalam pengawasan jalannya proses pemilu tidak luput dari hajatan nasional ini. Oleh karena itu, setelah Anggota Bawaslu RI baru terbentuk kemudian diikuti pergantian Anggota Bawaslu yang berada di tingkat Provinsi.

Berdasarkan Pengumuman Bawaslu RI Nomor: 0010/HK.01.01/SJ/05/2022 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi di 25 (Dua Puluh Lima) Provinsi  telah terpilih sebanyak 125 anggota, salah satunya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.  Timsel Calon Anggota Bawaslu Daerah Istimewa yang terpilih adalah Diasma Sandi Swandaru, S.Sos,M.H., Dr. Mada Sukmajati, S.IP,M.PP., Muhammad Mustafid, S.Fil., Muhammad Iqbal, S.Kom., S.H.,M.H., dan Retna Susanti, S.H.,M.H. Keanggotaan Timsel berasal dari berbagai unsur seperti unsur akademisi, unsur professional, unsur tokoh masyarakat yang memiliki integritas dan kompetensi serta dengan mempertimbangkan 30% keterwakilan perempuan dan kebhinnekaan. Dari lima Timsel terpilih ini salah satunya adalah dosen Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” yaitu Diasma Sandi Swandaru, S.Sos, M.H.

Terpilih sebagai Timsel, Diasma mengaku bersyukur, karena telah melewati persaingan yang ketat. Dia menambahkan berterima kasih kepada seluruh Pimpinan STPMD “APMD”,  dosen, karyawan, dan para mahasiswa yang telah memberikan dukungan penuh saat mendaftarkan diri mengikuti seleksi Timsel Bawaslu ini.  Litansia Yonika, mahasiswa Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD, merasa bangga saat dosennya terpilih sebagai Timsel Calon Anggota Bawaslu. “Yes pak, proud of you pak” ujar Litan penuh semangat.  Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan, Dr. Guno Tri Tjahjoko,MA mengatakan : “Semoga timsel  dapat memilih anggota Bawaslu DIY yang independen dan berintegritas”

Diasma dan timsel lainnya telah mengikuti Rapat Pembekalan Tim Seleksi dan Sekretariat Tim Seleksi pada tanggal 7-9 Juni 2022 di Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan bekal persiapan-persiapan materi maupun teknis pelaksanaan sebelum rekrutmen calon anggota Bawaslu Provinsi. Tahapan rekrutmen calon anggota Bawaslu Provinsi terdiri dari sosialisasi pengumuman pendaftaran, pendaftaran calon, verifikasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan, dan wawancara. Pendaftaran calon anggota Bawaslu dilaksanakan pada 22-30 Juni 2022 dan pengumuman Anggota Bawaslu Provinsi terpilih pada 12 September 2022.

Diasma mengatakan bahwa tugas timsel adalah memilih dan menyeleksi secara administratif dan substansi calon-calon terbaik sebanyak 2 kali kebutuhan untuk diserahkan ke Bawaslu RI. Keputusan akhir ada di tangan Bawaslu RI. Oleh karena itu, “saya mengajak segenap warga DIY untuk turut ambil bagian memajukan demokrasi dalam penjaringan calon anggota Bawaslu,” tegas Diasma (DSS)

 

 

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

17
Aug 2022
12
Aug 2022
waktu : 00:30
18
Jul 2022
waktu : 08:00

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775