Info Prodi
Saturday, 20 Apr 2024
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
12 June 2022

Merdeka Belajar: Kuliah Lapangan

Sunday, 12 June 2022 Kategori : Artikel / Artikel dan Berita

 

Klaten – Pada 2 Juni 2022  Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan melaksanakan kuliah lapangan di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Mahasiswa langsung melihat praktik pemerintahan desa dan berdialog dengan Lurah dan perangkat desa. Kuliah lapangan  Mata Kuliah Politik dan Pemerintahan Desa diampu oleh dosen muda Putera Perdana,S.IP,M.IP.

Kegiatan kuliah lapangan ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa  tentang politik dan pemerintahan desa. Mahasiswa juga diajak untuk lebih peka terhadap kondisi praktik pemerintahan desa yang tidak luput dari politik. Kuliah lapangan ini mempertajam cara pandang mahasiswa dalam melihat permasalahan-permasalahan yang ada di desa.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan 50 orang dari gabungan 2 kelas. Mereka masih banyak yang bingung harus mengamati apa, ada juga yang terkagum melihat kantor desa yang megah, ketika sampai ke lokasi, karena selama ini ketika berkunjung ke desa Ponggok hanya untuk berwisata ke Umbul Ponggok saja.

Setelah mendapat beberapa penjelasan dari Dosen pengampu mata kuliah, mahasiswa mulai paham harus mengamati apa dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah mereka buat harus bertanya dengan siapa. Secara berkelompok para mahasiswa mulai mengamati dan mencari informan yang menurut mereka sesuai dengan topik yang akan tuliskan.

Hasil dari kuliah lapangan yang telah dilaksanakan itu, mahasiswa diwajibkan membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara  dengan pemerintah desa, BPD, pengurus Bumdesa dan warga desa, sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas yang mereka sudah dapatkan selama hampir 1 semester – mahasiswa diharapkan mampu menceritakan temuan-temuan mereka saat berada di desa Ponggok (PP)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775