::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Sunday, 14 Aug 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/
12 June 2022

Kuliah Lapangan : Membentuk Mahasiswa Tangguh dan Kritis

Sunday, 12 June 2022 Kategori : Artikel / Artikel dan Berita / Kegiatan Prodi Ilmu Pemerintahan

Klaten, 08 Juni 2022  Prodi Ilmu Pemerintahan menurunkan Mahasiswa sejumlah 98 Mahasiswa ke Desa Ponggok, Klaten untuk Kuliah Observasi Lapangan terkait dengan tujuan memahami dan menghayati Konsep Berdesa serta Memuliakan Desa sesuai yang tertuang pada Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Para Mahasiswa yang telah mengikuti teori Mata Kuliah Politik dan Pemerintahan Desa dari kelas IP2L dan IP5L serta Mata Kuliah Kepemimpinan dari kelas IP5L yang diampu oleh Dosen Muda Juang Gagah Mardhika, S.IP., M.Sos. Ketiga kelas tersebut di terjunkan ke Desa Ponggok, Klaten untuk melakukan observasi atau melihat secara langsung kondisi di Desa Ponggok. Hal ini bertujuan  untuk mengasah critical thinking mahasiswa memahami Perspektif dalam memandang Desa, struktur Pemerintahan Desa, Demokrasi Desa, Asas rekognisi dan Subsidiaritas pada UU Desa No 6 Tahun 2014, Asas Kedudukan dan Kewenangan sesuai dengan teori yang telah di pelajari dalam Mata Kuliah Politik dan Pemerintahan Desa

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah wawasan  Mahasiswa terkait bidang pengetahuan kepemimpinan secara umum dan mendalam, serta mampu merumuskan penyelesaian masalah kepemimpinan, mengaplikasikan pengetahuan kepemimpinan dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam perkembangan organisasi dan membangun semangat mahasiswa untuk memiliki jiwa pemimpin.

Kegiatan Observasi ini diawali dengan proses wawancara mendalam yang dilakukan oleh para mahasiswa ke berbagai lini kelembagaan dan stakeholder yang ada di Desa Ponggok, yang berlangsung selama satu hari. Setelah kegiatan observasi berakhir mahasiswa membuat laporan  hasil dari Observasi tersebut dan mempresentasikannya. Kegiatan observasi ini selain bermanfaat untuk mahasiswa juga bermanfaat untuk Desa Ponggok. Kepala Desa Ponggok dalam kata sambutannya mengatakan sangat berharap dengan adanya kegiatan Observasi ini dapat memberikan dampak positif bagi Desa Ponggok dan juga berharap para mahasiswa mempromosikan sumber daya alam (Wisata Air ) di Desa Ponggok.

Mahasiswa sangat antusias dengan kegiatan Observasi dilapangan ini, setelah kegiatan Observasi ini berakhir para mahasiswa diajak oleh Kepala desa dan BUM Desa Ponggok mengunjungi wisata air yang ada di Desa Ponggok yang merupakan salah satu sumber pendapatan Desa dan warga sekitar. Dosen Muda  Juang Gagah Mardhika, S.IP., M.Sos berharap kegiatan Observasi ini dapat terus berlanjut di Desa-Desa lainnya, agar para Mahasiswa dapat membandingkan dan menggali potensi desa yang satu dengan yang lainnya sehungga dapat memuliakan desa (JGM).

 

 

 

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

17
Aug 2022
12
Aug 2022
waktu : 00:30
18
Jul 2022
waktu : 08:00

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775