::   (0274) 561971 & (0274) 550775   ip@apmd.ac.id
English EN Indonesian ID
Info Prodi
Tuesday, 17 May 2022
  • Pendaftaran Gelombang I | Link Pendaftaran Mahasiswa Baru http://stpmd.apmd.ac.id/form-registrasi-seleksi-mahasiswa-baru/

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa

Gunungkidul – pada tanggal 25-27 Februari 2022 telah dilaksanakan acara Malam Keakraban (MAKRAB) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) dengan Tema “Merajut Keberagaman Menuju Generasi yang Inovatif”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bejiharjo Edupark, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang diikuti oleh 88 peserta mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2020. Adapun tujuan kegiatan ialah untuk memperkenalkan keorganisasian, khususnya Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) kepada mahasiswa angkatan 2020 Prodi Ilmu Pemerintahan. Selain itu LDK dapat menumbuhkan sikap toleransi sebagai rasa cinta terhadap tanah air yang kaya akan keberagaman, serta membangkitkan nalar kritis mahasiswa dalam diskursus pemikiran.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Dr. Guno Tri Tjahjoko, M.A. Dalam sambutannya Dr. Guno Tri Tjahjoko menekankan mahasiswa jangan malas dan mudah menyerah dengan keadaan. Mahasiswa harus berani keluar dari zona nyaman dan menjadi kreatif. Dalam acara LDK tersebut hadir juga tiga dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, yakni : (1)  Diasma Sandi Swandaru, S.Sos., M.H., (2) Putra Perdana, S.IP., M.I.P. dan (3) Juang Gagah Mahardhika S.IP., M.Sos. Dalam LDK ini ada  lima materi yang dipaparkan oleh para narasumber. Pertama, topik Desa dalam Perspektif 5G yang disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta Dr. Sutoro Eko Yunanto M.Si. Kedua, pengenalan KOMAP oleh pengurus. Ketiga, tentang keorganisasian. Keempat, topik kepemimpinan disampaikan oleh Verlin Takdir S.Waruwu,S.IP. Kelima, mengenai Sejarah Pergerakan Mahasiswa. Sesi terakhir mengenai analisis sosial. Pemaparan materi dilaksanakan hingga hari kedua, diakhiri dengan pentas seni dan api unggun. Pada hari terakhir, diisi dengan jalan pagi sekaligus bersih-bersih dan Outbound. Kemudian dilanjutkan pesta bubuk warna sekaligus penutupan acara pada sore harinya.

Dengan adanya kegiatan Malam Keakraban (MAKRAB) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) ini diharapkan bisa menjadi pijakan untuk mengenal satu sama lain. Dilain sisi peserta sebagai mahasiswa diharapkan mampu bersikap kritis terhadap keadaan sosial, peserta mampu membawa pengaruh positif pada nilai-nilai hidup masyarakat yang beragam (multikultur), serta peserta mampu memahami teknik analisis masalah serta teknik penyelesaiannya.(AF)

Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta

Agenda

31
May 2022
waktu : 00:00
17
May 2022
10
May 2022
waktu : 21:00

Prodi Ilmu Pemerintahan – APMD Yogyakarta

Jl. Timoho No.317, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

email : ip@apmd.ac.id
telephone : (0274) 561971 & (0274) 550775