About

Visi

Menjadi katalisator dalam tata pemerintahan dan pembaharuan desa secara konsisten dan terpercaya.

Misi

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang tata pemerintahan dan pembaharuan desa melalui sistem pembelajaran yang berkualitas.

Menghasilkan karya-karya keilmuan yang mempunyai kontribusi secara akademik terhadap tata pemerintahan dan pembaharuan desa.

Membangun kemitraan strategis dengan berbagai stakeholders dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Sejarah

Sejak didirikan pada tahun 1987, Program Studi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta menjadi “Indonesia mini”, karena mahasiswa berasal dari Sabang sampai Merauke. Kami menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan saling menghargai kepelbagaian suku,agama, ras dan antar golongan. Suasana kekeluargaan antar dosen,mahasiswa dan staf kami kembangkan sebagai perekat. STPMD “APMD” Yogyakarta merupakan perguruan tinggi terkemuka dan satu-satunya di Indonesia yang sejak didirikan pada tanggal 17 November 1965 mengambil standing position pembangunan masyarakat desa sebagai respon keberpihakan terhadap desa berhadapan dengan negara, pasar dan rezim global. Program Studi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” sampai dengan saat ini, terlibat aktif dalam perumusan dan pembuatan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan ikut andil dalam menjalankan program penguatan otonomi dan kapasitas pemerintahan desa. Program Studi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” juga bekerjasama dengan multistakeholders, membangun kemitraan strategis dengan pemerintah pusat dan daerah, parlemen dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam mengkaji dan mengembangkan kajian alternatit. Program Studi Ilmu Pemerintahan berfokus pada : government,governing,governability,governance dan governmentality yang kami sebut dengan Mazhab Timoho. Mazhab Timoho adalah ilmu pemerintahan yang khas Indonesia dan berpihak pada rakyat (desa) yang terpinggirkan dan termajinalkan.

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Sertifikat Akreditasi
akreditasi 00-03
Akreditasi 04-09
Akreditasi 10-15
Akreditasi 15-20
Akreditasi 20-25